by

Mau Tau Informasi Banjir Real Time? Buka Saja Petabencana.id

Mau Tau Informasi Banjir Real Time? Buka Saja Petabencana.id

Perdananews Kalsel – Petabencana.id sangat membantu masyarakat dalam memperoleh informasi banjir yang update.

Apa itu Petabencana? Dikutip dari bnpb.go.id, PetaBencana.id adalah sebuah platform berbasis website yang gratis dan menghasilkan visualisasi bencana skala perkotaan menggunakan laporan hasil crowdsourcing dan validasi instansi pemerintah secara real time.

Platform ini memanfaatkan penggunaan lanjutan dari social media dan aplikasi pesan instan saat keadaan darurat untuk mengumpulkan informasi terbaru yang terkonfirmasi dari pengamatan secara langsung dan dengan demikian menghilangkan kebutuhan pemrosesan data yang memakan waktu dan biaya

Direktur Yayasan Peta Bencana Nashin Mahtani mengatakan,sejak diluncurkan pada 2013 (sebagai PetaJakarta.org), platform PetaBencana.id sudah digunakan oleh jutaan penduduk untuk membuat keputusan dalam waktu singkat terkait keselamatan dan navigasi selama keadaan banjir darurat; platform ini juga diadopsi oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) untuk memantau kejadian banjir, mempersingkat waktu tanggap bencana, dan berbagi informasi darurat dalam waktu singkat kepada penduduk.

Dalam Petabencana.id info yang disajikan sangat lengkap, termasuk ketinggian air di daerah yang kebanjiran, yang ditandai dengan warna.

Baca Juga Faktor Cuaca, Jokowi Batal Ke Kab.HST Warga Korban Banjir pun Kecewa

Berikut arti warna yang ada di web Petabencana.id.

Warna Merah, berarti Siaga 1 dan tinggi banjir di atas 150 cm.

Warna Jingga, artinya Siaga 2 dan tinggi banjir sekitar 71 cm hingga 150.

Warna Kuning untuk kondisi siaga 3, tinggi banjir antara 10 cm hingga 70 cm.

Lalu yang terakhir siaga 4 bertanda hijau, yang artinya kita diminta untuk berhati-hati.

Saat label warna suatu wilayah di-klik, situs akan menampilkan informasi tentang banjir di daerah tersebut, termasuk lokasi persisnya, ketinggian air, dan update terakhir.

Lebih lanjut, bikers juga bisa melaporkan kondisi terkini di wilayah masing-masing.

Selain itu, pengguna bisa mengunggah foto, lengkap dengan informasi ketinggian banjir.

Untuk ikut serta mengirim laporan kondisi terkini, kita cukup membuka halaman Petabencana.id dan mengikuti langkah-langkah yang tertera tanpa harus melakukan registrasi atau login terlebih dahulu atau bisa juga berpartisipasi secara aktif melaporkan banjir yang terpantau dengan mengunggah tweet dengan tagar #banjir dan mention ke akun @petabencana.

(PN/DB)

PERDANANEWS