by

Dirjen Bina Adwil Safrizal ZA dilantik sebagai penjabat (Pj) Gubernur Kalsel

Dirjen Bina Adwil Safrizal ZA, dilantik sebagai penjabat Gubernur Kalsel

Perdananews Kalsel – Seiring berakhirnya masa Jabatan Gubernur Kalimantan (Kalsel) pada 12 Februari 2021 lalu. Mendagri, Tito Karnavian Melantik Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil), Safrizal ZA, sebagai penjabat (Pj) Gubernur.

Pelantikan Safrizal ZA, yang dipimpin Mendagri Tito Karnavian berlangsung di Gedung Kemendagri, diikuti oleh pejabat dilingkungan pemerintah Kalsel melalui virtual di Gedung Idham Chalid Setdaprov Kalsel, Senin (15/2).

Baca Juga UMP Kalsel 2021 Tidak Naik, Buruh: Tidak Cukup Untuk Hidup Sebulan

Masa jabatan Safrizal terhitung mulai saat pelantikan sampai proses pilkada Kalsel mempunyai kekuatan hukum tetap (inkrah) dan memiliki Gubernur definitif.

Sebelumnya Mantan Kapolri itu, melalui radiogram bernomor 121/672/SJ tertanggal 10 Februari 2021 menunjuk Pj Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar sebagai Plh Gubernur, untuk menjalankan roda pemerintahan, akan tetapi keputusan itu hanya beberapa hari saja.

Dilantiknya Pria Kelahiran Aceh ini, diharapkan bisa memberikan solusi persoalan bencana alam di Kalsel diantara dengan peringatan dini bencana, mitigasi bencana dan percepatan dalam membantu masyarakat terdampak bencana, seperti banjir besar yang belum lama ini terjadi.

“Itulah salah satu faktor penunjukan penjabat Gubernur Kalsel hari ini. Untuk mempercepat mitigasi bencana,” jelas Tito Karnavian.

Tito berharap, Safrizal mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Pj Gubernur Kalsel dengan baik dan amanah sampai keputusan akhir MK diketahui.

Perlu diketahui, sampai saat ini sidang gugatan hasil Pilgub Kalsel 2020, yang diajukan oleh pasangan Denny Indrayana – Difriadi masih berlangsung ke tahap pembuktian. Hal ini setelah panel MK yang mengadili perkara gugatan pasangan H Denny Indrayana-Difriadi Darjat atas keputusan KPUD Kalimantan Selatan, tidak ada putusan sela.

“Tidak ada putusan sela, maka otomatis perkara akan berlanjut ke acara pembuktian,” kata Denny Indrayana ketika dihubungi wartawan, Senin (15/2/2020).

(PN/DB)

PERDANANEWS